Tips Ringan: 3 Tips Membaca

Membaca (buku, koran, artikel, dll) adalah salah satu kegiatan favorit saya. Entah mengapa dengan membaca, saya menjadi merasa lebih bahagia. Mungkin karena dari membaca itu wawasan kita jadi bisa meluas dan kita jadi lebih tahu tentang banyak hal.

Berikut adalah beberapa tips membaca yang dapat digunakan untuk membuat kegiatan membaca kita menjadi lebih bermakna.
1. Luruskan niat
Niat atau keinginan kita dalam membaca adalah sesuatu yang penting sebelum kita membaca sesuatu. Manakala kita kurang berniat dalam membaca, hasilnya adalah apa yang kita baca akan kurang berkesan dalam benak kita. Dengan meluruskan niat, percayalah, hal-hal yang terpendam di balik tulisan itu akan terungkap ke permukaan.
2. Kembangkan minat
Kita biasanya hanya membaca hal-hal yang kita minati. Dan biasanya pula akan dapat bertahan hingga berjam-jam untuk dapat membacanya. Lain halnya dengan permasalahan yang kurang kita minati. Kita akan kesulitan membacanya walau hanya satu menit. Nah, agar wawasan kita sungguh-sungguh meluas, maka yang harus kita lakukan adalah mengembangkan minat kita tersebut. Selidikilah atau tanyakanlah pada diri sendiri, mengapa ada orang-orang yang berminat kepada suatu hal. Apakah yang membuat mereka tertarik akan topik tersebut? Hanya dengan mengembangkan minatlah, kita dapat bertahan membaca hal-hal yang pada awalnya kurang kita sukai dan untuk bisa membacanya dengan senang hati.
3. Tulislah apa yang anda baca
Kegiatan membaca yang dibarengi dengan kegiatan menulis akan menampakkan hasil yang jauh lebih baik. Dengan menulis, kita merangsang ingatan kita untuk dapat muncul kembali. Kita dapat mengikat apa-apa yang kita baca dengan cara menuliskannya. Pada awalnya barangkali akan sulit untuk memulai kebiasaan baru. Namun seiring dengan waktu, kita bahkan akan dapat menikmati kebiasaan menulis setelah membaca ini. Selamat mencoba !

Untuk melihat-lihat berbagai kategori buku yang dapat Anda beli, silakan klik DISINI 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jangan Takut Untuk Berbagi

Tentang Kehidupan

Berbagi Ego